ads

Waspadai Penyebab Lutut dan Siku Menjadi Hitam

sebarkanlahinfo.xyz | Lutut dan siku termasuk bagian tubuh yang sering menjadi keluhan bagi banyak wanita. Pasalnya, kedua area ini biasanya terlihat lebih hitam jika dibandingkan dengan permukaan kulit lainnya. Hal ini akan semakin diperparah jika orang tersebut memiliki aktivitas yang tinggi, maka bagian lutut dan sikunya bisa terlihat semakin kontras dengan bagian kulit yang lainnya.
Siku Hitam
Penyebab Lutut dan Siku Menjadi Hitam

Sejumlah ahli mengklaim bahwa penumpukan sel kulit mati dan serpihan-serpihan kulit yang terlalu banyak pada kedua area tersebut memicu terjadinya intensitas warna hitam yang lebih tinggi. Selain itu, ada banyak hal lain yang bisa membuat bagian lutut dan siku menjadi lebih hitam. Apa sajakah itu?

- Friksi atau Gesekan

Bagian lutut dan siku memang tergolong sering mengalami gesekan yang kemudian membuatnya terlihat lebih hitam. Semakin banyak gesekan yang terjadi, maka akan semakin tinggi pula intensitas warna hitam yang muncul pada area tersebut.

Beberapa gesekan yang terjadi ini bisa saja tidak Anda sadari, misalnya bertopang pada siku saat membaca, mengetik, ataupun menulis. Mungkin hal ini terdengar sepele, namun jika sering terjadi dan terakumulasi dalam jumlah yang tinggi, maka area siku Anda bisa semakin menghitam.
Perawatan Lutut Hitam
- Hereditas atau Keturunan

Perhatikan keluarga Anda, apabila banyak diantara mereka yang memiliki lutut dan siku yang hitam, berarti besar kemungkinan Anda juga memilikinya. Maka dari itu, kenalilah seperti apa karakteristik keturunan Anda, kemudian berikan perlakuan pada kulit sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini bisa membantu untuk menurunkan intensitas warna hitam pada lutut dan siku Anda.
Warna Lutut Hitam
- Jarang Melakukan Perawatan

Jarang melakukan perawatan juga bisa menjadi penyebab lutut dan siku menjadi hitam. Untuk itu, saat melakukan perawatan wajah dan tubuh, jangan pernah lewatkan bagian lutut dan siku Anda.  Pasalnya, warna hitam pada bagian kulit ini bisa saja disebabkan karena Anda memang tidak merawatnya dengan baik.

Nah, jika Anda sering melakukan perawatan pada kedua bagian ini, maka masih ada peluang untuk mencegah terjadinya over pigmentasi. Perlu dipahami bahwa bagian lutut dan siku memang memiliki penumpukan sel-sel kulit mati yang lebih banyak jika dibandingkan dengan area yang lainnya sehingga membutuhkan perawatan yang lebih intens.

- Paparan Sinar Matahari

Sudah menjadi hal yang pasti bahwa sinar matahari bisa menjadikan kulit lebih hitam, termasuk lutut dan siku. Apalagi kedua bagian ini memang lebih sensitif dibanding bagian yang lain sehingga paparan sinar matahari yang berlebihan akan membuatnya lebih mudah mengalami pigmentasi.

- Penyakit Tertentu

Sejumlah penyakit dan juga metode pengobatan tertentu bisa membuat lutut dan siku menghitam. Untuk itu, jika sebelumnya Anda memiliki warna lutut dan siku yang sama dengan area lainnya namun tiba-tiba mengalami perubahan warna, maka perhatikanlah jenis penyakit dan pengobatan yang sedang Anda jalani.

- Perubahan Hormonal

Terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh ternyata bisa juga menjadi pemicu dari lutut dan siku yang berwarna hitam. Adapun perubahan hormonal ini sangat sering dialami oleh wanita sepanjang hidupnya, misalnya kehamilan. Wanita yang hamil umumnya akan mengalami berbagai perubahan pada fisiknya, termasuk warna pada lutut dan sikunya.
Siku Menjadi Hitam
Ada banyak orang yang mencoba untuk memutihkan kembali lutut dan sikunya dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti lemon, baking soda, hingga batu apung. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan hasil yang signifikan, apalagi jika pigmen warnanya memang sudah sangat tebal. Nah, jika Anda memang menginginkan hasil yang nyata, maka konsultasikanlah hal ini pada dermatologis.

Sekian informasi mengenai penyebab lutut dan siku menjadi hitam. Kenali seperti apa kondisi lutut dan siku Anda sehingga bisa ditemukan metode yang tepat untuk mengatasinya.

Post a Comment

Lagi Hangat